Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan
pencapaian hasil belajar peserta didik.
Rambu-Rambu
Penyusunan KKM
Adapun
rambu-rambu dalam penetapan KKM adalah sebagai berikut :
Pertanyaan
:
- Kapan KKM ditetapkan?
- Siapa yang Menetapkan KKM?
- Nilai KKM dinyatakan dalam
bentuk bilangan apa?
- Maksimal Nilai ketuntasan
berapa?
- Apakah sekolah dapat menetapkan
nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
- Apakah nilai KKM perlu
dicantumkan di dalam LHBS?
Jawaban
:
- KKM ditetapkan pada awal tahun
pelajran
- KKM ditetapkan oleh forum MGMP
sekolah
- Nilai KKM dinyatakan dalam
bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
- Nilai ketuntasan belajar
maksimal adalah 100
- Sekolah dapat menetapkan KKM
dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
- Nilai KKM harus dicantumkan
dalam LHBS
Mekanisme
dan Langkah-Langkah Penyusunan KKM
Kopleksitas Materi
·
(Kesulitan & Kerumitan) setiap
IP/KD yang harus dicapai siswa
·
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila
dalam pelaksanaannya menuntut :
o SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan
kreatifitas serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
o WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan
o PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
Daya
Dukung
KEMAMPUAN
SUMBER DAYA PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana
pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholder sekolah.
Intake
KEMAMPUAN yang
dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.
Format
Penetapan KKM
Menafsirkan
Kriteria Menjadi Nilai
A.
Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :
·
Kompleksitas : Tinggi = 1, Sedang =
2 dan Rendah = 3
·
Daya Dukung : Tinggi = 3, Sedang = 2
dan Rendah = 1
·
Intake : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan
Rendah = 3
Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan
intake peserta didik sedang maka nilainya adalah :
(3+3+2) x 100 = 88,89 dibulatkan menjadi 899
Contoh
Format A
B.
Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya :
·
Kompleksitas : Tinggi = 50-64,
Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
·
Daya Dukung : Tinggi =
81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
·
Intake
: Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan
intake peserta didik sedang maka nilainya adalah rata-rata setiap
nilai dari kriteria yang ditentukan.
Dalam
menentukan rentang nilai dan mentukan nilai dari setiap kriteria perlu
kesepakatna forum KKG di sekolah.
Silahkan Di Down Loud Filenya
BalasHapus