Sukses menjadi guru tak semata-mata karena
menenteng ijazah dari fakultas keguruan atau mendapat sertifikasi profesional.
Guru keren di mata dan hati siswa juga beken dan dijadikan favorit karena
metode mengajar asyik dan menarik. Mau tahu 20 metode mengajar yang telah
dipraktekkan oleh Rasulullah SAW ?
Salah satu faktor penting kejayaan pendidikan
Rasulullah SAW adalah karena beliau menjadikan dirinya sebagai model dan
teladan bagi umatnya. Tentu, guru yang baik seharusnya menjadi teladan dan
model bagi siswanya. Ucapan dan tindakan guru harus sejalan dan sejujurnya.
Ingat ungkapan ini ‘jangan ada dusta diantara guru dan siswa’.
Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec)
dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode
dan teknik pengajaran sebagai ‘holistic learning methods’, yaitu :
1. Learning conditioning (meminta diam untuk
mengingatkan, menyeru secara langsung dan perintah untuk menyimak dan diam
dengan cara tidak langsung);
2. Active interaction (interaksi pendengaran :
teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada
puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah penjelasan;
interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah,
tersenyum);
3. Applied-learning (metode praktikum yang
diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa);
4. Scanning and levelling (memahami siswa
secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);
5. Discussion and feed-back (metode yang logis
dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah dipahami);
6. Story telling (bercerita);
7. Analogy and case study (memberikan
perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar kehidupan);
8. Teaching and Motivating (meningkatkan
gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi);
9. Body language (membuat penyampaiannya
bertambah terang, lebih pasti dan jelas; menarik perhatian pendengar dan
membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran; mempersingkat waktu);
10. Picture and graph technology (penjelasan
diperkuat dengan gambar atau tulisan);
11. Reasoning and argumentation (mengungkapkan
alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat agar dipahami oleh siswa);
12. Self reflection (memberi kesempatan kepada
siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan
kerja otak dan mengasah pikiran);
13. Affirmation and repetition (pengulangan
kalimat dan ucapan nama);
14. Focus and point basis ( menggunakan teknik
berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap
ilmu dan menjaganya dari lupa);
15. Question and answer metodh (teknik
bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan membuat pendengar siap terhadap
apa yang akan disampaikan kepadanya);
16. Guessing with question (penting untuk
memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan);
17. Encouraging student to ask (guru
memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan
pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan
pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaian pelajarannya);
18. Wisdom in answering question (menyikapi
orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya;
menyikapi si penyanya dengan sikap yang bermanfaat baginya);
19. Commenting on student question (memberikan
komentar terhadap jawaban siswa);
20. Honesty (seorang guru harus menanamkan
sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan ‘aku
tidak tahu adalah bagian dari ilmu’)
Hayu … Bapak dan Ibu Guru siapkah dengan 20
metode mengajar di atas ?
Pasti siap!
Sumber
: http://edukasi.kompasiana.com/2011/08/16/20-metode-mengajar-agar-jadi-guru-keren-dan-beken-387157.html
Mantap
BalasHapusya
Hapus