Minggu, 16 Juni 2013

DIKLAT TIK TINGKAT LANJUT UNTUK GURU SD/MI TAHUN 2013

Tidak ada komentar:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) di masa sekarang ini menjadi suatu kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. Pendidikan berbasis TIK merupakan sarana interaksi manajemen dan administrasi pendidikan yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam meningkatkan kualitas, produktivitas, efektivitas, dan akses pendidikan.
Perkembangan TIK di Kalimantan Selatan khususnya dalam dunia pendidikan masih belum optimal dan masih dihadapkan pada beberapa masalah serta kendala. Adapun kendala tersebut diantaranya adalah menyangkut aspek kebijakan, infrastruktur, dan SDM yang khususnya pada tingkat kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan tugas kefungsiannya.
Oleh karena itu, Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan terus mengembangkan dan mendayagunakan TIK untuk pendidikan bersama dengan lembaga mitra lainnya, baik pusat maupun daerah, termasuk para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan formal pemerintah. Hal ini diwujudkan dalam suatu program Diklat TIK Tingkat Lanjutan untuk Guru SD/MI Tahun 2013 dengan sasaran kegiatan para Guru SD/MI Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.
Adapun tujuan umum dari Kegiatan Diklat TIK Tingkat Lanjut untuk Guru SD/MI Tahun 2013 adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam mengembangkan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis media informasi dan komunikasi. Selain itu, tujuan khusus diadakannya Diklat ini diantaranya adalah (1) Guru dapat memahami kebijakan pembangunan pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, (2) memahami kebijakan pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan, (3) memahami pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, (4) memahami penyusunan Learning Object (Katalog Media), (5) memahami penyusunan Naskah Media Presentasi, (6) memahami penggunaan Tools Pengembangan Media Presentasi, (7) memahami pengembangan aplikasi penunjang (Word, Excel, PowerPoint, PDF, Flash, Webbase), (8) memahami kewajiban penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar, (9) memahami pembuatan media presentasi pembelajaran (PowerPoint / Animasi), (10) memahami pemanfaatan E-Learning Pusat Sumber Belajar (internet dan intranet) dalam pembelajaran, (11) memahami penggunaan aplikasi PSB berbasis web, (12) memahami tips dan trik mengoptimalisasi search engine dalam pengembangan konten pembelajaran, serta (13) memahami pemanfaatan Portal Rumah Banjar dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan Dilkat TIK Tingkat Lanjut Untuk Guru SD/MI tahun 2013 Provinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan selama 4 hari terhitung tanggal 5 Maret – 8 Maret 2013 yang bertempat di Ruang ICT Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan Selatan Jl. S.Parman No. 44 Banjarmasin. Kegiatan Diklat TIK ini dihadiri oleh 26 Guru yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan. Dalam kegiatan inipun dihadiri oleh beberapa narasumber yang memberikan materi dan pengarahan yang diantaranya terdiri dari Kepala BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan, Pejabat di lingkungan BTIKP Privinsi Kalimantan Selatan, Para Profesional di bidang TIK dari Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta Konsultan BTIKP.
Melalui kegiatan Diklat TIK ini diharapkan bagi seluruh Guru SD/MI yang juga merupakan peserta mampu meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan media dan bahan pembelajaran berbasis TIK. Sehingga, hal ini dapat membuat media dan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Sumber : http://btikp.org/index.php/Kegiatan/diklat-tik-tingkat-lanjut-untuk-guru-sdmi-tahun-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berika Komentarnya