Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
atau Information Communication and Technology (ICT) di
masa sekarang ini menjadi suatu kebutuhan yang mendasar dalam mendukung
efektifitas dan kualitas proses pendidikan. Pendidikan berbasis TIK merupakan
sarana interaksi manajemen dan administrasi pendidikan yang dapat dimanfaatkan
baik oleh pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam
meningkatkan kualitas, produktivitas, efektivitas, dan akses pendidikan.
Perkembangan TIK di Kalimantan Selatan khususnya dalam dunia
pendidikan masih belum optimal dan masih dihadapkan pada beberapa masalah serta
kendala. Adapun kendala tersebut diantaranya adalah menyangkut aspek kebijakan,
infrastruktur, dan SDM yang khususnya pada tingkat kemampuan pendidik dan
tenaga kependidikan untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan tugas
kefungsiannya.
Oleh karena itu, Balai
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) sebagai Unit Pelaksana
Teknis Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan terus mengembangkan dan
mendayagunakan TIK untuk pendidikan bersama dengan lembaga mitra lainnya, baik
pusat maupun daerah, termasuk para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan
formal pemerintah. Hal ini diwujudkan dalam suatu program Diklat TIK Tingkat
Lanjutan untuk Guru SD/MI Tahun 2013 dengan sasaran kegiatan para Guru SD/MI
Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.
Adapun tujuan umum dari Kegiatan Diklat TIK
Tingkat Lanjut untuk Guru SD/MI Tahun 2013 adalah untuk meningkatkan kompetensi
peserta dalam mengembangkan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis media
informasi dan komunikasi. Selain itu, tujuan khusus diadakannya Diklat ini
diantaranya adalah (1) Guru dapat memahami kebijakan pembangunan pendidikan
Provinsi Kalimantan Selatan, (2) memahami kebijakan pengembangan dan pendayagunaan
TIK untuk pendidikan, (3) memahami pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, (4)
memahami penyusunan Learning Object (Katalog Media), (5) memahami penyusunan
Naskah Media Presentasi, (6) memahami penggunaan Tools Pengembangan Media
Presentasi, (7) memahami pengembangan aplikasi penunjang (Word, Excel,
PowerPoint, PDF, Flash, Webbase), (8) memahami kewajiban penggunaan TIK dalam
proses belajar mengajar, (9) memahami pembuatan media presentasi pembelajaran
(PowerPoint / Animasi), (10) memahami pemanfaatan E-Learning Pusat Sumber
Belajar (internet dan intranet) dalam pembelajaran, (11) memahami penggunaan
aplikasi PSB berbasis web, (12) memahami tips dan trik mengoptimalisasi search engine dalam
pengembangan konten pembelajaran, serta (13) memahami pemanfaatan Portal Rumah
Banjar dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan Dilkat TIK Tingkat Lanjut Untuk Guru
SD/MI tahun 2013 Provinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan selama 4 hari
terhitung tanggal 5 Maret – 8 Maret 2013 yang bertempat di Ruang ICT Balai
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan
Selatan Jl. S.Parman No. 44 Banjarmasin. Kegiatan Diklat TIK ini dihadiri oleh
26 Guru yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan. Dalam
kegiatan inipun dihadiri oleh beberapa narasumber yang memberikan materi dan
pengarahan yang diantaranya terdiri dari Kepala BTIKP Provinsi Kalimantan
Selatan, Pejabat di lingkungan BTIKP Privinsi Kalimantan Selatan, Para
Profesional di bidang TIK dari Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia, serta Konsultan BTIKP.
Melalui kegiatan Diklat TIK ini diharapkan bagi seluruh Guru SD/MI
yang juga merupakan peserta mampu meningkatkan kompetensinya dalam
mengembangkan media dan bahan pembelajaran berbasis TIK. Sehingga, hal ini
dapat membuat media dan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis teknologi
informasi dan komunikasi.
Sumber : http://btikp.org/index.php/Kegiatan/diklat-tik-tingkat-lanjut-untuk-guru-sdmi-tahun-2013.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon Berika Komentarnya